Saturday 4 April 2015

PhotoMath, Aplikasi Pecahkan Soal Matematika Dengan Foto

Matematika merupakan ilmu eksak yang sangat fundamental dipakai hampir diseluruh kegiatan manusia, mulai dari menghitung gaji hingga menghitung kembalian berbelanja, serta keakuratan teknologi dalam menciptakan atau mengukur sesuatu, bahkan data terumit sekalipun seperti yang dilakukan google.
App PhotoMath, gambar: Photomath.net
Namun demikian, matematika sering menjadi beban bagi kebanyakan murid sekolah yang tidak menyukai pelajaran tersebut dikarenakan menurut mereka sulit dan membosankan. Padahal matematika adalah dasar dari semua ilmu pengetahuan yang akan kelak digunakan dalam kehidupan sehari-hari meskipun memang tidak semua rumus terpakai. Oleh karena itu matematika disebut sebagai Mother of All Science.
Pemecahan soal matematika tak ubahnya dengan soal fisika, keduanya merupakan pelajaran paling ditakuti bagi kebanyakan siswa. Sehingga perusahaan Microblink membuat aplikasi PhotoMath yang akan membantu pelajar dalam menyelesaikan masalah matematika dengan cepat lewat sebuah foto dari buku paket soal pertanyaan matematika tersebut.
Hal ini tentu merupakan penemuan mengagumkan dalam dunia pendidikan dan science, namun demikian, terdapat konflik bagi beberapa orang. Karena alih-alih membantu siswa belajar mandiri dengan soal di buku atau pekerjaan rumah. Bisa saja aplikasi tersebut digunakan siswa untuk melakukan kecurangan dalam tes dikelas.
Saat ini, aplikasi PhotoMath bisa didownload di App Store dan Windows Store yang kemudian menyusul di Play Store Android. Aplikasi ini dibuat dapat menyelesaikan soal matematika dengan beberapa operasional matematika populer yang terus dikembangkan hingga terumit sekalipun:
Operasional matematika yang bisa dipergunakan di app PhotoMath
PhotoMath memberikan jawaban soal, serta penjelasan atau cara penyelesaiannya secara rinci dan bertahap. Hal ini memungkinkan pelajar belajar dengan mandiri serta lebih merasa nyaman dengan pelajaran matematika.

So guys, gunakan app ini sebaik-baiknya untuk memahami pelajaran matematika. Dan jangan sekali-kali mempergunakannya disaat sedang tes atau ulangan. Bukan pelajar yang baik namanya, dan tentu akan membuat kamu jadi tak bisa melakukan apa-apa dengan mengandalkan app tersebut.
Selain itu, App PhotoMath masih dalam pengembangan, karena terdapat testimoni dari beberapa penggunanya yang mengatakan tidak berfungsi saat menggunakannya.
Belajar bisa kapanpun dan dimanapun, namun jangan sampai belajar instan yang membuat kita justru lupa akan pentingnya proses pembelajaran. Proses akan sejalan dengan kematangan pikiran kita untuk masa depan.
 
 http://www.gomuda.com/2014/10/photomath-aplikasi-pecahkan-soal.html
 

No comments:

Post a Comment

Algoritma & Pemrogram STRUKTUR PERULANGAN

1.1 Perulangan FOR Digunakan untuk mengulang statemen berulang kali sejumlah yang ditentukan. 1.1.1 Perulangan Positif Dengan penghitung /...