Thursday, 16 February 2017

Makalah Tugas dan Kewajban Sekretaris di kantor

 



TUGAS DAN KEWAJIBAN SEKRETARIS DI KANTOR










Kata pengantar



Puji dan syukur kami panjakan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesai nya makalah yang berjudul Tugas dan Kewajiban Sekretaris di Kantor terima kasih kepada semua yang mendukung penulisannya materi yang kami berikan dalam makalah ini, atas perhatian nya kepada pihak terkait kami ucapkan terima kasih.

                                                                       


                       



                                   
                                                                                               




           


            Banjarmasin, 6 Februari 2017

                                   


                                                                                                Penulis; Hana Pertiwi





Daftar Isi



BAB I            
Pendahuluan
a.     Latar Belakang                                                              1
b.     Rumusan Masalah                                                       1
c.      Tujuan Pembahasan                                                   1

BAB II            
Pembahasan
1.     Tugas sekretaris di kantor                                         2
2.     Kewajiban sekretaris di kantor                                4


BAB III                                   
Penutup
1.     Kesimpulan                                                                    5                                                                                                                           








                                                                                                   










    BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Di era modernisasi ini, profesi sebagai seorang sekretaris masih saja dianggap sebelah mata dan menjadi bahan pergunjingan baik di dalam maupun di luar lingkungan kantor. Hal ini mungkin terpengaruh dari gambaran sosok sekretaris yang identik dengan perempuan, rok mini, dan pemikiran akan adanya hubungan intim antarsekretaris dengan pimpinannya.

C.L. Baranhart dalam Sutarto, (1992:5) mengatakan bahwa “Sekretaris adalah (1) Seorang yang melakukan yang melakukan korespondensi, memelihara warkat, dan lain-lain untuk peorangan atau organisasi;…”

Kedua, dengan bermunculan sekretaris pria membuktikan bahwa menjadi sekretaris bukan hal yang mudah. Bahkan, seiring dengan semakin berkembanganya sektor usaha di berbagai bidang, sebuah perusahan yang cukup mapan pasti menuntut adanya sekretaris yang memiliki keprofesionalan yang matang, sehingga diharapkan dapat menyelasikan tugas-tugasnya dengan baik.
Oleh karena jabatan sekretaris telah menjadi profesi yang memiliki masa depan karir yang cerah, peranannya tidak lagi dapat dianggap sebelah mata.


B. Rumusan Masalah

Rumusan masalah dari makalah yang berjudul Kedudukan Sekretaris dalam Perusahaan ini adalah:

1) Apa saja tugas seorang sekretaris di kantor
2) Kewajiban sekretaris di kantor


C.Tujuan Pembahasan

Tujuan masalah dari makalah yang berjudul Kedudukan Sekretaris dalam Perusahaan ini adalah:

1) Mengetahui tugas seorang sekretaris di kantor
2) Mengetahui Kewajiban sekretaris di kantor







1
   


BAB II
    PEMBAHASAN



A.   Tugas Sekretaris di Kantor

Tugas dari seorang sekretaris dapat dikelompokkan menjadi 8 macam sebagai berikut :

1.Tugas-tugas rutin
Yaitu tugas-tugas yang harus diselesaikan setiap harinya tanpa menunggu perintah,perhatian khusus maupun pengawasan khusus,diantaranya adalah membuka surat-surat yang masuk, menerima tamu, menyimpan surat/arsip, menangani telepon, menyusun dan membuat jadwal pimpinan.

2.Tugas-tugas khusus
Yaitu tugas-tugas dari pimpinan yang membutuhkan penyelesaian secara khusus dengan dimintai pendapat, pertimbangan, dan pengalamannya.tugas tersebut bisanya diberikan karena ada unsur kepercayaan bahwa sekretaris dapat menympan kerahasian tugas.Semisal membuat konsep surat perjanjian antara perusahaan dengan rekanan, menyusun surat-surat rahasia,menyusun acara pertemuan bisnis, pembelian cinderamata, mengurus perjalanan dinas pimpinan dan sebagainya.

3.Tugas istimewa
Yaitu tugas-tugas yang menyangkut keperluan pimpinan,diantaranya :
a.Membetulkan letak alat-alat tulis pimpinan beserta perlengkapan yang diperlukan
b.Bertindak sebagai penghubung untuk meneruskan informasi kepada relasinya.
c.Bersama-sama atau mewkili seseorang menerima sumbangan-sumbangan untuk dana atau keperluan kegiatan lain.
d.Mengingatkan pimpinan untuk membayar iuran atau asuransi dari suatu badan.
e.Menghadiri rapat-rapat dinas, sebagai pendamping pimpinan selama mengadakan pertemuan bisnis.
f.Mengadakan pemeriksaan peralatan kantor yang perlu diperbaiki atau penambahan alat-alat dan sarana kantor.

4.Tugas resepsionis
Yaitu tugas sebagai penerima tamu,antara lain :
a.Menangani telepon serta mencatat pesan-pasan lewat telepon.
b.Menerima tamu yang akan bertemu dengan pimpinan.
c.Mencatat janji-janji untuk pimpinan.
d.Menyusun kerja sehari-hari pimpinan.

5.Tugas keuangan
Yaitu tugas mengelola keuangan,meliputi :
a.Menangani urusan keuangan pimpinan dengan bank.
b.Membayar rekening-rekening, pajak, sumbangan dana atas nam pimpinan.
c.Mengurus kas kecil,yaitu mencatat dan menyediakan dana untuk pengeluara rutin sehari-hari yang jumlahnya relatif kecil.
                                                                                                                                                2
6.Tugas sosial
Yaitu tugas amal atau kemasyarakatan,antara lain :
a.Mengurus rumah tangga kantor pimpinan.
b.Mengatur penyelengaraan respsi untuk kantor beserta pengurusan udangan.
c.Menyumbang untuk amal.

7.Tugas insidental
Yaitu tugas-tugas yang dilaksanakan pada waktu dan keadaan tetentu, antara lain :
a.Menyiapakn agenda rapat,menyiapkan laporan, pidato atau pernyataan pimpinan
b.Membuat ikhtisar dari berita atau karangan yang temuat dalam surat kabar, majalah, brosur yang ada kaitannya dengan perusahaan.
c.Mengoreksi bahan-bahan cetakan seperti brosur, undangan, prospectus, formulir dan datar yang di konsep pimpinan.
d.Mewakili pimpinan dalam berbagsi resepsi atau pertemuan.
e.Membantu penerbitan intern organisasi.

8.Tugas sekretaris dalam business meeting
Yaitu tugas sekretaris dalam mengorganisir suatu peretemuan bisnis.

















                                                                                                                                                                                                3
B. Kewajiban Sekretaris
Seorang sekretaris yang profesioanl mempunyai tanggung jawab yagn luas dalam kerjanya. Tanggung jawab tersebut meliputi bidang operasional mapun manajerial dari bagian pekerjaan pimpinan maupun organisasinya. Untuk menjalankan kewajibannya, tuntutan sekretaris meliputi :

1.    Ketrampilan kesekretariatan, yang meliputi korespondensi, pengarsipan, akunting, mesin kantor.
2.    Berkompentensi dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya.
3.    Menjada reputasi, kredibilitas pimpinan dan perusahan.
4.    Memiliki kepribadian yang sesuai dengan funsi dan tugasnya.
5.    Memiliki loyalitas terhadap perusahan.
6.    Mempunayi Komitmen pada tugas.
7.    Inisiatif dan cara berpikir yang logis. Sekretaris professional harus berinisiatif untuk bisa memulai suatu usaha, harus ada keberanian menanggung resiko, disamping itu harus mempunyai pengetahuan yang luas mengenai apa yang dihadapi.
8.    Mengikuti perkembangan masalah. Sekretaris harus tahu masalah yang sedang terjadi  pada perusahaan dan menindaklanjutinya(follow up)
9.    Memperluas wawasan. Misalkan: membaca utnuk meningkatkan intelektualnya.
10. Selalu meningkatkan kemampuan dalam berbagai hal. Misalnya: pandai menyesuaikan diri, kecerdasan memahami tugas, dapat bekerja sendiri, memahami kekurangan sendiri dan berusaha memperbaikinya.










                                                                                                                                                                                                4
BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
           
            Tugas seorang sekretaris itu sangat penting bagi seorang pimpinan untuk melaksanakan pekerjaanya. Seorang pimpinan sangat membutuhkan bantuan dari sekretaris untuk melaksanakan perkerjaan pekerjaan kantor dan sekretaris wajib atau di tuntut untuk menguasai berbagai hal untuk kelancaran pekerjaan pimpinan, sekretaris itu sendiri dan perusahaan























                                                                                                                                                                                                5

No comments:

Post a Comment

Algoritma & Pemrogram STRUKTUR PERULANGAN

1.1 Perulangan FOR Digunakan untuk mengulang statemen berulang kali sejumlah yang ditentukan. 1.1.1 Perulangan Positif Dengan penghitung /...